Sabtu, 12 Oktober 2013

Olimpiade sebagai wahana memahami budaya antar bangsa

Sabtu , 12 Oktober 2013 merupakan pertemuan ke – 5 mata kuliah Olimpisme di Universitas Negeri Jakarta , Pendidikan Matematika Reguler 2013. Dua minggu kami mahasiswa Universitas Negeri Jakarta tidak ada kuliah Olimpisme , karna memang diliburkan . Olimpisme merupakan mata kuliah yang sangat menarik , karna kita akan mempelajari sekaligus mengenal Negara kita sendiri yaitu Indonesia bahkan sekaligus bisa mengenali Negara lain melalui mata kuliah ini .

Pertemuan mata kuliah Olimpisme pada hari ini tentu saja diawalai dengan membaca doa bersama , agar ilmu yang kita pelajari hari ini bermanfaat . Setelah itu seperti biasa dosen kami Om Jay dengan ciri khas mengajarnya mengawali perkuliahan hari ini dengan memutarkan sebuah lagu dan video . Video  yang kali ini diputarkan adalah tentang sebuah lagu anak SD/SMP. Dari video yang Om Jay putarkan , kami sebagai pendidik diajarkan untuk bisa menjadi pendidik yang benar – benar bisa mendidik bangsa di Negeri ini . Dimana kami harus mampu pula menanamkan kembali kebudayaan yang Indonesia miliki . Jangan sampai kebudayaan yang Indonesia miliki terkalahkan oleh budaya asing yang masuk ke Negara kita . Oleh sebab itu , ini merupakan tugas kami pula sebagai para pendidik untuk mampu menanamkan kebudayaan Indonesia kembali .


Tema perkuliahan Olimpisme hari ini adalah ” Olimpiade Sebagai Wahana Memahami Budaya Antar Bangsa ” .  Mengawali tema perkuliahan hari ini Om Jay memutarkan sebuah video tentang Olimpiade musim panas di Cina 2008 .
Definisi dan Filosofi Budaya adalah suatu cara hidup dan nilai – nilai yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Yang terbentuk dari banyak unsur seperti : sistem agama , politik , adat istiadat , bahasa , perkakas , pakaian , bangunan dan karya seni . Setiap negara atau bangsa memiliki budaya yang berbeda – beda yang menjadikan ciri khasnya .

Berikut saya akan memberikan contoh dari manfaat memahami budaya bangsa :

1 . Sebagai sumber pengetahuan yang sangat luas dan dalam tentang sebuah bangsa .
2 . Memotivasi diri untuk mampu melestarikan dan mengembangkan nilai – nilai yang
      terkandung di dalam budaya .
3 . Meningkatkan komunikasi dan bersosialisasi
4 . Sebagai langkah menuju perdamaian dunia

Tapi dapat kita lihat  fakta yang terjadi dalam lingkungan masyarakat kini yaitu justru  meningkatnya perilaku negatif .

Dalam Negeri ( Indonesia ) :
1 . Konflik antar suku  , peristiwa sampit , Dayak dengan Madura
2 . Konflik  antar supporter dan mania sepakbola , Bonek dengan warga yang dilalui
     kereta api surabaya-Jakarta PP .
3 . Konflik antar kampung , Jakrta , NTB , Bali , Lampung , Madura .
4 . Konflik antar organisasi massa , Betawi Rempug, FPI
5 . Konflik antar rakyat dengan kebijakan pemerintah .
6 . Konflik antar pendukung pilkada antar pendukung partai
7 . Konflik antar wakil rakyat di DPR

Telah kita sadari , kita terlahir sebagai seorang pemimpin . Bagaimana kita mampu menjadi seorang pemimpin yang benar – benar kuat itu merupakan kesadaran dan kemauan pada diri kita sendiri , Karna kita ketahui bahwasannya setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabannya . Seorang pemimpin yang kuat , jujur dan yang mampu mengayomi orang lain saat ini sangatlah tak mudah untuk kita temui saat ini . Tapi percayalah masih ada pemimpin yang kuat dan jujur . Mungkin pemimpin itu adalah anda bahkan saya .

2. Luar Negeri ( negara lain ) :
•>> Perang Palestina Israel di Gaza
•>> Afganistan , taliban, Kekuatan asing
•>> Kadafi tumbangkan
•>> Mesir,Husni Mubarak , antar yang pro dan yang kontra
•>> Tunesia , Ben Ali

Asal Mula Perang Israel dengan Palestina
                                    Mengapa Perilaku Manusia Seolah Tak Berbudaya !!
                                                Dan Mengapa Semua itu Bisa Terjadi ??
Jawablah dengan menggunakan pikiran dan hati anda masing – masing , setelah itu pahami dan bukalah mata anda mengapa semua itu bisa terjadi .
Berikut merupakan beberapa pendapat sosiolog dan budayawan .
” Kurangnya Pemahaman Terhadap Budaya Suatu Bangsa dan Menurunnya Budaya Toleransi Antar  Bangsa Sebagai Salah Satu Penyebab Meluasnya Konflik Sosial Di Dunia ”
Disampaikan juga secara tersirat oleh Jacques Rogge President of IOC

“ Our world today is in need of peace, tolerance, and brotherhood “ .
“ The values of olympis games can deliver these to us.”
Salah satu Tujuan Gerakan Olimpiade adalah Perdamaian Dunia . Olympism adalah fundamental dan filosofi kehidupan yang mencerminkan dan mengkombinasikan keseimbangan antara jasmani dan rohani . Serta mengharmonikan antara kehidupan keolahragaan , kebudayaan dan pendidikan . Sehingga dengan demikian dapat diciptakan keselarasan dalam kehidupan .Saling memahami budaya merupakan bagian dari tujuan gerakan dalam aktivitas Olimpiade .
Olympism = Sport + Culture + Education
Setelah itu seperti biasa disela – sela materi kami diajak menyanyikan sebuah lagu . Kali ini kami menyanyikan lagu Bimbo yang berjudul bermata tapi tak melihat. Yang memberikan nilai bahwa kita sebagai manusia jangan sampai menjadi manusia yang sombong , tidak mau bersedekah , selalu membicarakan orang lain dan selalu menyakiti hati orang lain .
Penyelenggaraan olahraga multieven yang diselenggarakan secara berjenjang dan bermuara pada prestasi Olimpiade merupakan gerakan dunia yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat dunia terhadap budaya berbagai bangsa yang pada akhirnya terbangun saling pengertian , toleransi, dan perdamaian dunia. Penyelenggaraan berbagai even olahraga berjenjang ini sebagai upaya sosialisai dan pemahaman budaya yang dapat dilakukan seperti pertukaran pelajar yang telah dilakukkan oleh beberapa sekolah di Indonesia sendiri . Pertukaran pelajar ini memberi manfaat yaitu kita dapat mengetahui budaya yang berkembang di Negara lain.
Renungan
” Mungkin kita berbeda pandangan dan praktik budaya , namun kita membutuhkan hal-hal yang sama : makanan. Air, dan udara untuk bernafas. Maka dengan saling memahami, budaya akan menjembatani kesenjangan antarmanusia ”.

” Kebersamaan , saling mendukung dan ketergantungan telah menjadi budaya manusia sejak dulu kala , maka jangan dipungkiri ” .
Pertahankan dan lestarikan nilai – nilai Luhur Budaya Indonesia , agar kita menjadi Bangsa bermartrabat , aman , makmur dan sebagai penjaga kedamaian dunia .

Okee ini adalah resume baru .
Yuk sama - sama kita jaga kebudayaan yang kita miliki . Lestarikan dan jagalah agar tidak diambil oleh negara lain .^_^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar