Sabtu, 14 September 2013

Filosofi dan nilai - nilai dalam Olimpisme

Sabtu , 14 September 2013 hari ini kembali bertemu dengan Om Jay . Dosen Perkuliahan Olimpisme dikelas Pendidikan Matematika Reguler 2013 ( PMR'13 ) . Seperti biasa Om Jay punya suatu cara menarik untuk memulai perkuliahan .

Perkuliahan hari ini dimulai lebih awal yaitu pukul 07.30 . Om Jay memulai perkuliahan kali ini dengan sarapan pagi bersama para mahasiswanya dikelas PMR'13 . Sambil sarapan , kita diputarkan film tentang Om Jay nih . Seorang guru sekaligus dosen yang jago ngeblog . Setelah sarapan bersama selesai , Om Jay memulai perkuliahan dengan mengajak kami bernyanyi " Bangun Pemudi Pemuda " sebelum masuk pada materi kuliah inti hari ini . Om Jay juga membahas tentang menulis nih sebelum masuk mata kuliah inti . Menulis itu harus dilakukkan , bahkan harus dipaksa kalo males " intinya sih itu kata - kata yang saya simpulkan dari nasehat pagi yang Om Jay berikan .



Filosofi dan nilai - nilai dalam olimpisme adalah tema perkuliahan hari ini .
Pemahaman tentang istilah olympism ( olimpisme ) :
^_^ Olympic/Olimpia adalah nama sebuah tempat di Athena yang dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan aktivitas festival olahraga bangsa Yunani kuno ( olimpiade kuno ) .
^_^ Ism/Isme adalah sebuah ajaran/faham yang merupakan sistem/tatanan sosial yang diyakini memiliki nilai bila diterapkan dalam lingkungan masyarakat .

Sebelum melanjutkan materi perkuliahan hari ini . Seperti biasa selalu ada film yang Om Jay putarkan untuk para mahasiswanya . Kali ini Om Jay memutarkan cuplikan film yang menunjukkan tentang kejujuran . Dalam cuplikan itu terlihat 2 orang pencuri di supermarket . Mereka keluar supermarket setelah mereka mencuri dan mereka melihat sebuah kata motivasi lewat sebuah iklan yang ada dimobil depan supermarket itu . Ketika itu mereka tersadar untuk bersikap jujur sekarang . Karna buat apa kita menunggu untuk melakukkan sebuah kejujuran :)

Lanjut lagi yaapp . Olympism sebagai pokok pikiran gerakan olimpiade yaitu
Olympism adalah dasar fundamental dan filosofi kehidupan ( paham/ajaran ) yang mencerminkan dan mengkombinasikan keseimbangan antara jasmani ( badan yang sehat ) dan rohani ( kemauan , moral dan kecerdasan ) serta mengharmoniskan antara kehidupan keolahragaan , kebudayaan , dan pendidikan . Sehingga dengtan demikian dapat diciptakan keselarasan kehidupan .

Sebelum lanjut lagi . Om Jay tadi menjelaskan yang berkaitan tentang akhlak nih . Akhlak yang baik itu seperti apa sih ?? Akhlak yang baik itu dinilai dari sikap kita yang baik , yang bisa menghargai orang lain . Menurut saya orang secerdas apapun tanpa diikuti akhlak yang baik itu tidak ada nilainya ;)

Lanjut dengan visi olympism . Apa sih visi olympism itu sendiri ?? Visi olimpism itu adalah menempatkan olahraga dimana saja sebagai wahana pembentukan manusia secara utuh yang harmonis dalam usaha membangun suatu masyarakat yang damai dengan saling menghormati .Untuk kepentingan ini gerakan olahraga berusaha secara sendiri-sendiri ataupun bekerjasama dengan organisasi yang terkait menciptakan  kegiatan-kegiatan dalam usaha membangun perdamaian yang abadi.

Paradigma olympisme dalam pertandingan olimpiade yaitu :
o    Prestasi olahraga bukan yang utama . Bagi  atlet dalam suatu kompetisi, melainkan kegiatan olahraga untuk kemuliaan manusia dengan mengkombinasikan dan menseimbangkan antara kualitas & keterampilan fisik (skill), sikap/kemauan(attitute), dan kecerdasan pikiran (knowledge)sebagai prinsip dasar hidup.  

o    Karna ilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi dan prinsip dasarnya , maka  pembedaan ( diskriminasi )  dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit harus dihindarkan dalam setiap gerakan olimpiade karna ini merupakan usaha untuk menciptakan  perdamaian dunia .

Seorang tokoh dunia " Pierre De Coubertin Founder of IOC " mengatakan :

THE AIMS of OLYMPIC MOVEMENT :
To educate young peoples through sport in a spirit of better understanding between each other , and of friendship Thereby helping to build a better and more peaceful worl . 


Ada sebuah gambar yang Om Jay tayangkan loh ^_^. Yaitu tentang seseorang yang mempunyai kekurangan pada fisiknya namun mereka mampu berprestasi dalam sebuah perlombaan olahraga yang memang sengaja dibuat untuk mereka yang memiliki kekurangan fisik . Itu harusnya menjadi sebuah motivasi untuk kita , karna mereka bisa kenapa kita tidak . Memang seharusnya kita harus lebih mampu berprestasi . Lagi - lagi kita butuh kesadaran pada diri kita untuk membangun motivasi itu .

Olympism itu mengajarkan kita tentang persahabatan , bukan pertarungan setelah melakukkan perlombaan . Karna olimpiade itu membuat dunia bersatu . Lewat perlombaan dalam olimpiade itu membuat kita dapat menjalin persahabatan oleh orang lain , bahkan negara lain .

Value Of The Olympic Games Motto 
" Citius , Altius , Furtius " 
( Lebih cepat , lebih tinggi , lebih kuat ) 

Diusulkan oleh Father Henri Didon , seorang guru dari Republik Dominika , salah seorang teman B. Pierre De Coubertin

Apa sih maksud sebuah kata tersebut ?? Menurut saya maknanya yaitu kita harus menjadi orang yang cepat tanggap , yang berani mempunyai mimpi dan mampu berprestasi lebih tinggi yaitu tentunya dengan diikuti mental dan semangat yang lebih kuat lagi . Om Jay pun telah memberi tahu kita tentang sebuah prestasi manusia yang terus meningkat dalam hal nomer lompat tinggi cabor atletik dan dalam penemuan kapasitas prosesor komputer .

Living  Excellence : 
1 . Kerja keras untuk mencapai prestasi terbaik .
2 . Berjuang hingga akhir ( pantang menyerah ) .
3 . Fokus terhadap pencapaian prestasi .
4 . Terus belajar untuk mendapatkan proses yang tepat untuk pencapaian prestasi terbaik .
5 . Menjaga keseimbangan antara kebugaran fisik , motivasi / keinginan dan kekuatan mental .

Living Respect
Saling menghargai diri dan orang lain dalam hal :
1 . Perbedaan pendapat
2 . Perbedaan keyakinan
3 . Perbedaan keragaman budaya
4 . Perbedaan suku/ras dan budaya
5 . Hak - hak sebagai manusia
6 . Pencapaian prestasi dan kesuksesan seseorang .

Sebelum melanjutkan , Om Jay memutarkan kembali sebuah cuplikan film yang mungkin sudah pernah kita lihat . Yaitu tentang kesadaran , respect terhadap apa yang orang lain lakukkan namun kita hanya diam . Cuplikan tentang adanya pohon yang tumbang di jalan , sehingga menumbulkan kemacetan . Tidak ada orang dewasa yang sadar untuk memindahklannya sebelum mereka melihat para anak kecil yang berusaha bersama menyingkirkan pohon tersebut ditengah hujan .

Om Jay mengatakan " kita jangan hanya menjadi seorang penonton , namun kita harus menjadi seorang pelopor ". Saya sependapat dengan Om Jay , karna kita harus mampu menciptakan perubahan yang lebih baik lagi . Bukan hanya menunggu terjadinya sebuah perubahan yang lebih baik . Harus kreatif , inovatif dan inspiratif .

Lanjut lagi .
Living Friendship :
1 . Persahabatan
2 . Berempati dan bersimpati terhadap orang lain
3 . Kerja sama
4 .Saling memberi , melayani
5 . saling mendukung

7 Konsep Pembentukan Nilai - Nilai Moral Dalam Penyelenggaraan Olimpiade ( menurut IOC )
1 . Kesempurnaan dalam kinerja
2 . Berpartisi dengan kegembiraan dan kesenangan
3 . Kejujuran dalam berkompetisi
4 . Rasa hormat terhadap sesama tanpa memandang perbedaan bangsa , budaya , suku maupun orang
     per orang .
5 . Pengembangan kualitas manusia
6 . Kepemimpinan yang dilandasi oleh kebersamaan berlatih , bekerja dan berkompetisi .
7 . Kedamaian antara bangsa .

Disela mata kuliah yang diberikan , Om Jay menyelipkan sebuah kata - kata yang tujuannya menurut saya agar kita lebih mencintai dan menghargai bendera kebangsaan negara kita . Kita harus bisa menjaga dan menghargai bendera kebangsaan kita . Karna betapa berharganya sebuah kemerdekaan . Bukan cara yang mudah loh untuk kita merdeka saat dulu .

Penjabaran Nilai-Nilai Gerakan Olimpiade & Olympism Secara Lebih Luas Dalam kehidupan mencakup :

1.         Visioner (tujuan jangka panjang)
2.          Peacefull (kedamaian)
3.          No Discrimination (tidak diskriminatif)
4.          Mutual Understanding (saling memahami)
5.          Friendship (persahabatan)
6.          Solidarity (solidaritas)
7.          Fair Play (kejujuran,adil,wajar)
8.          Excellence (keunggulan)
9.          Fun (kesenangan)
10.      Respect (menghargai)
11.      Human Development  (pengembangan diri) 
12.      Leadership (Kepemimpinan)
13.      Motivation (semangat,pantang menyerah)

14.      Team Work (kerjasama,sinergi)

Akhir mata kuliah hari ini Om Jay memberi slide sifat Nabi yang terdiri dari Sidiq , Tabligh , Amanah , Fatonah .
Setelah itu , seperti biasanya akhir mata kuliah olimpisme diakhiri dengan 2 buah soal kuis yang Om Jay berikan kepada para Mahasiswanya .

Okee seekian , review mata kuliah olimpisme hari ini .
Salam kece :)


2 komentar:

  1. keren banget resumenya, dan enak dibacanya. Salut!

    salam
    Omjay

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah , terimakasih Dosen paling kece Om Jay :)

    BalasHapus