Minggu, 08 September 2013

Sejarah Olimpiade Kuno

Sabtu , 7 September 2013 merupakan pertemuan kedua perkuliahan Olimpisme . Materi kuliah hari ini adalah mengenai sejarah dan filosofi olimpiade kuno . Sebelum memulai materi Om Jay sedikit mereview pertemuan pertama sebelumnya . Selain itu Om Jay memberi hadiah kepada mahasiwa yang menerima sms dari Om Jay dan mendapatkan satu buah buku .

Olympisme lahir sebelum kelahiran nabi yaitu pada tahun 129 Masehi. Berawal dari ditemukannya kembali prasasti peninggalan kebudayaan kota olympia dari tentara Jerman pada akhir abad 19. Prasasti tersebut berbentuk sebuah festival olahraga yang berkaitan dengan acara ritual dewa Zeus . Olimpiade mulanya bagian dari ritual keagamaan bangsa Yunani dan koloninya untuk menyembah dewa Zeus .

Setelah melakukkan ritual di kuil disebuah bukit Kronus di gunung Olympia , selanjutnya dilakukkan sebuah festival / lomba olahraga sebagai penghargaan dan rasa syukur kepada dewa Zeus .


Sebelum melanjutkan materi perkuliahan kali ini , seperti biasa Om Jay memutar sebuah film yang menggambarkan Olimpiade zaman itu . Dari film yang kita lihat , bisa kita simpulkan bahwa olimpiade zaman dulu sangat menjunjung sportivitas . Meskipun mereka bersaing tapi mereka juga menjalin persahabatan dengan ditandai dengan berkumpulnya mereka .  Dari sana terlihatlah kebersamaan meskipun mereka bersaing dalam sebuah pertandingan . Karna pada zaman itu mereka menganggap yang menang dalam sebuah pertandingan itu adalah pahlawan. Tetapi sayangnya saat ini yang terjadi pada suatu akhir pertandingan, adalah yang menang jadi arang dan kalah jadi abu.

Pada 192 M – 384 M dan 1344 M diikutsertakan perlombaan lari , gulat , penthation ( lompat jauh , lempar lembing , lari 192 M lempar cakram dan lempar martil ), tinju , balap , kereta kuda , pancration ( gabungan tinju dan gulat ) balap kuda dan lomba lari . Perlombaan ini diadakan 4 tahun sekali yang berkapasitas 40.000 ( 300 M X 200 M ) di dekat sungai Kladeios yang berlangsung 5 hari . Yang di izinkan hanya kaum pria .

Sejarah olimpiade kuno ( 1300 BC – 776 BC ) . Pemenang dalam perlombaan ini diberikan penghargaan tertinggi berupa mahkota daun zaitun dan diberi gelar pahlawan .

Sejarah olimpiade kuno ( 393 AD – 426 AD ) . Pada 393 AD perlombaan di Olympia dihentikan oleh kerajaan Kristen yaitu Raja Theodore I . 426 AD Raja Theodore I menghancurkan kota Olympia . Sehingga kota Olympia hancur dan hilang akibat bencana alam .

FILOSOFI DAN NILAI OLIMPIADE KUNO
1.               Menjaga kesucian diri dalam bertanding
2.               Kekuatan, kebugaran, ketrampilan dan mental yang sehat diutamakan
3.               Semangat untuk berprestasi
4.               Kejujuran dalam pertandingan
5.               Saling menghargai
6.               Terciptanya perdamaian
7.               Terjalinnya kompromi dan kesepakatan antar suku
8.               Penghargaan tertinggi bagi yang berprestasi
9.               Peningkatan ekonomi
10.           Suka Cita/ Sukaria

Selanjutnya Om Jay memutarkan sebuah film yang sangat menginspirasi . Yaitu tentang sebuah sugesti yang diberikan pada diri kita . “ Jika kita yakin kita bisa , kita pasti akan bisa . Olehsebab itu kita harus memberikan motivasi yang bisa membuat diri kita tidak menyerah ketika kita akan mencapai sebuah kesuksesan . Film yang Om Jay putarkan kali ini berhasil membuat saya dan mahasiswa yang lain berpikir akan kekuatan motivasi .
Perkuliahan kali ini ditutup dengan kuis yang diberikan Om Jay kepada para mahasiswa yang menyangkut tentang materi kali ini . Selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan sebuah lagu nasional yang berjudul bangun pemudi pemuda. Yuk mari bernyanyi

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmulah
Menjadi tanggungan mu terhadap Nusa
Menjadi tanggungan mu terhadap Nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Bertingkah laku halus hai putra negeri
Bertingkah laku halus hai putra negeri

Perkuliahan Olimpisme selalu ditutup dengan sebuah motivasi dan sesuatu yang membuat kita berpikir dan membuka mata kita tentang Negeri kita Indonesia ini .
Semoga tulisan ini bermanfaat , karna materi olimpisme kali ini pun bermanfaat sekali ;)
terima kasih Om Jay , salam kece :)


Wassalamualaikum Wr.Wb .

2 komentar: